Blog Kesehatan & Kedokteran | Doktersiaga - Jadwal praktek dokter & direktori dokter

Blog

Card image cap
Pendiri Microsoft Lunasi Hutang Nigeria Rp 950 Miliar Untuk Pemberantasan Polio

Kini Nigeria dapat bernafas lega, pasalnya di tahun 2017 lalu Nigeria telah dinyatakan bebas polio. Upaya pemerintah Nigeria untuk menanggulangi wabah polio di negaranya membuahkan hasil. Namun, upaya ini menghasilkan utang sebesar utang 76 juta dollar AS atau setara Rp 950 miliar terhadap Jepang  melalui program Overseas Development Assistance (ODA) yang diselenggarakan Pemerintah Jepang pada 2014 lalu.

17 Jan 2018 08:01:02

Card image cap
Kenali ANCAMAN DIFTERI di sekeliling kita

Banyaknya yang terjangkit penyakit Diftery telah ditetapkan sebagai kejadian luar biasa oleh Kementrian Kesehatan dan anjuran untuk melakukan Vaksinasi ulang pada usia2 tertentu. Dan ini cukup meresahkan masyarakat, karena sampai November 2017 sudah menjangkiti 20 propinsi 95 kabupaten dan kota di Indonesia dengan jumlah 622 kasus dan 32 diantaranya meninggal. Karena sangat meresahkan masyarakat kali ini kita akan bahas tentang Diftery dari penyebab, cara penularan, bagaimana gejala orang yang terkena Diftery, bagaimana pengobatannya dan bagaimana kita mencegah untuk tidak tertular penyakit ini selain kita harus menjaga kesehatan kita pribadi.

11 Jan 2018 10:01:31

Card image cap
REKOMENDASI RAKERNAS IDI 2017 DAN DAMPAK "HILANGNYA PRESIDENT ELECT" DALAM STRUKTUR PB IDI 2018-2021

Perdebatan tentang dihapuskannya status "President Elect" dalam struktur PB IDI, bukanlah wacana yang baru. Diskursus masalah ini sudah kencang beredar bahkan sebelum dan sesudah Muktamar IDI di Medan 2015. Walaupun hasilnya adalah "terpentalnya" gerakan perubahan ini saat Pleno Muktamar 2015 tersebut, akan tetapi bukan malah menghilang atau mereda namun bahkan isu ini makin menguat hari demi hari.

Terbukti pada Rakernas IDI 2017, menjadi puncak "meluapnya" aspirasi tentang dihapuskannya mekanisme dan keberadaan "President Elect" dalam struktur PB IDI. Kembali ke khitah, ya aspirasi untuk mengembalikan mekanisme pemilihan Ketua Umum ke awal-awal dimana organisasi profesi dokter Indonesia ini berdiri, yaitu yang terpilih pada Muktamar langsung menjabat sebagai Ketua Umum. Sehingga tidak perlu lagi menunggu 3 tahun kemudian baru menjabat, dimana bisa saja figur yang kita pilih 3 tahun sebelumnya ada kemungkinan terkena masalah ataupun sudah bukan lagi "the man/woman on the right place" saat 3 tahun kemudian, walaupun tentu saja hal ini masih dapat diperdebatkan. Namun, keinginan bahwa yang kita pilih saat ini langsung memimpin setelah terpilih, arusnya sangatlah kuat. Karena hampir semua kepemimpinan baik itu di legislatif, eksekutif, yudikatif ataupun lembaga dan organisasi non-pemerintah saat ini yang nyata dipraktekkan adalah langsung menjabat setelah terpilih. Ini adalah realitas demokrasi terkini dan tentu saja menunjukkan kematangan atau kedewasaan dalam berorganisasi. Bukankah organisasi IDI itu sudah sangat matang dan dewasa? 

07 Jan 2018 03:01:07

Card image cap
Doktersiaga Hadirkan Chatbot Kesehatan Untuk Mencari Lokasi Rumah Sakit Dan Klinik

Di awal tahun 2018 ini, doktersiaga menghadirkan fitur terbaru yaitu chatbot kesehatan untuk mencari rumah sakit ataupun fasilitas kesehatan lainya seperti klinik dan puskesmas. Dengan menggunakan chatbot doktersiaga maka pengguna dapat lebih mudah menemukan lokasi rumah sakit & klinik di suatu daerah ataupun rumah sakit & klinik yang terdekat dari lokasi pengguna berada.

31 Dec 2017 04:12:40

Card image cap
Rumah Sakit Indonesia di Palestina, bentuk dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina

Sejak Presiden Amerika Serikat Donald Trump secara sepihak mengklaim kota Yerusalem sebagai Ibu kota Israel, Konflik Palestina Israel kian meruncing. Protes dari berbagai penjuru dunia di tujukan kepada kebijakan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump membuat suasana politik di dunia semakin memanas.

18 Dec 2017 04:12:31

Card image cap
LIVE STREAMING : "Save Your Family"

Keluarga adalah harta yang tidak ternilai, untuk itu di butuhkan pengetahuan dasar agar kita dapat memberikan pertolongan pertama pada keluarga atau orang terdekat jika mengalami keadaan gawat darurat. Bagaimana harus bersikap dan menanganinya? Cari tahu jawabanya di acara :

16 Dec 2017 10:12:04

Card image cap
Rahasia Publikasi di Jurnal Nature

FK UII, Yogyakarta [2 Nov 2017] – Publikasi itu penting bukan hanya bagi peneliti atau institusi, melainkan juga sebagai salah satu indikator kemajuan suatu negeri. Untuk memilih jurnal sebagai tempat publikasi, peneliti tentu akan memilih yang bereputasi internasional dan memiliki impact factor tinggi, atau minimal terindeks Scopus. Impact factor menunjukkan seberapa banyak jurnal tersebut disitasi atau dijadikan referensi oleh peneliti lainnya. Salah satu jurnal dengan impact factor tinggi adalah jurnal Nature. Nature merupakan jurnal tempat para peraih Nobel Kedokteran mempublikasikan karyanya. Hal itu diungkapkan oleh Taruna Ikrar, profesor neurosains asli Indonesia yang merupakan kandidat Nobel Prize Kedokteran tahun 2016 untuk penelitiannya tentang optogenetics, dalam seminar Nasional bertajuk ‘’Indonesia Menulis [Writenesia] 2017’’ bertema Melalui Pena Mencerahkan Peradaban bertempat di lantai satu auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia [FK UII] Yogyakarta, pada tanggal 2-3 November 2017.

05 Nov 2017 05:11:31

Showing results of 433