Blog kesehatan & Kedokteran | Doktersiaga | Layanan Kesehatan Online

Blog

23 Apr 2018 07:04:56

Blog

Sinergi dan kolaborasi adalah pondasi utama untuk membangun negeri. Hal itu telah ditunjukkan oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah [FEB Unismuh] Makassar, Agusdiwana Suarni, S.E., M.Acc. dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah [FK Unismuh] Makassar, dr. Dito Anurogo, M.Sc. Keduanya melakukan kunjungan ke kantor Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa pada hari Jumat, 20 April 2018, dalam rangka survei awal program kemitraan masyarakat bertajuk ‘’Melinesia 2018’’.  

17 Apr 2018 03:04:26

Blog

Berbicara mengenai promosi biasanya di benak kita yang terbayang adalah melakukan promosi produk atau menjual sebuah produk. Tetapi lain halnya dengan promosi kesehatan. Menurut definisi dari wikipedia, Promosi kesehatan adalah ilmu dan seni membantu masyarakat menjadikan gaya hidup mereka sehat optimal.

14 Apr 2018 08:04:41

Blog

1. Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D.

Pengalaman yang amat melekat sedari kecil pada benak Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) ini, nyatanya menjadi pemantik sebuah cita-cita sederhana nan luhur; keinginan menjadi dokter dan membantu banyak orang. Belakangan, ia mewujudkan visi itu dengan ikut menginisiasi sistem jaminan kesehatan masyarakat dan ikut membidani lahirnya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

04 Apr 2018 08:04:55

Blog

Ungkapan ini sering didengar pada saat berkumpul sama teman atau pada saat di ruang praktek dokter. Namun banyak juga yang belum mengerti alasannya, mengapa kalau mengidap tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak boleh banyak mengkonsumsi garam atau makanan asin? Entah karena tidak ada yang memberitahu atau lupa menanyakan pada dokter saat berobat.

02 Apr 2018 09:04:10

Blog

Sebenarnya penting nggak sih sarapan pagi?

Bila kita tidak sarapan pagi maka tidak ada nutrisi yang masuk karena selama kita tidur kita berpuasa. Sedangkan kita harus melakukan aktivitas dan rutinitas sehari-hari. Apalagi kalau aktivitas kita memerlukan energi yang tinggi.  Sehingga bila kita tidak sarapan maka otak akan kekurangan glukosa akibatnya dapat mengganggu konsentrasi, mood dan fungsi memori. Selain itu bila kita tidak sarapan juga dapat membuat kerja otot menurun karena otot juga memerlukan glukosa sebagai sumber energi untuk berkontraksi dalam melakukan aktivitas dan badan menjadi kurang fit. Bahkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh The Endocrine Societytahun 2018 menyatakan bahwa sarapan tinggi kalori dapat mengurangi berat badan, memperbaiki diabetes dan mengurangi penggunaan insulin. Tentunya diikuti dengan makan siang porsi sedang dan makan malam yang lebih sedikit.

02 Apr 2018 08:04:05

Blog

Sering kita pernah mendengar dari teman, kerabat atau tetangga yang bukan bekerja di bidang kesehatan yang mengatakan jangan minum obat jangka lama nanti merusak ginjal. Benar kan? Pendapat tersebut sama sekali tidak bijak dan tidak benar, mengapa? karena mereka tidak paham mengenai golongan obat dan mekanisme kerja obat sehingga menganggap bahwa semua obat dapat merusak ginjal.

31 Mar 2018 10:03:31

Blog

Sering kita dengar keluhan teman atau keluarga kita yang mengalami hal demikian. Mengapa sih perut kita bisa buncit padahal berat badan kita normal? Ternyata ada penjelasannya. Mengukur berat badan normal dapat diukur dengan rumus sederhana yaitu dengan rumus Broca : Tinggi Badan (TB) – 100

17 Mar 2018 11:03:02

Dokter Patrianef

Blog

Wacana keikut sertaan dokter berpolitik adalah sesuatu yang wajar. Menjadi aneh karena sebagian dokter sekarang dibesarkan di suatu masa dimana berpolitik dianggap tabu dan dikesankan kotor.

Kesan kotor yang dibentuk itu sebetulnya sengaja diciptakan rezim agar mereka bisa mengontrol kekuasaan. Kampanye yang massif pada saat itu mengakibatkan sebagian besar kita yang sebetulnya generasi emas dan modal kuat bangsa ini tercuci otaknya sehingga menganggap kotor politik dan generasi emas yang berkuliah di perguruan tinggi ter alienasi dari lingkungan perpolitikan dan perpolitikan dikuasai oleh kelompok kelompok lain. Siapa kelompok itu kita tahu bersamalah.

15 Mar 2018 07:03:59

Blog

Ormas PDIB Menyerukan Komunitas Dokter dan Dokter Gigi Indonesia Membentuk Partai Politik

10 Mar 2018 03:03:56

Blog

Sehat itu mahal. Pernyataan ini terdengar masuk akal dan tampaknya kita masih memandang sebelah mata untuk menjaga kesehatan. Umumnya kesehatan akan di anggap penting jika seseorang jatuh sakit, dan mengalami pengobatan yang dapat menguras kocek. Bahkan di beberapa kasus artis terkenal pun sampai kehabisan hartanya saat menderita penyakit tertentu.. Lalu apa sajakah penyakit yang dapat menguras biaya pengobatannya? Tim doktersiaga menyajikan beberapa jenis operasi ataupun  pengobatan yang berbiaya tinggi. 

09 Mar 2018 01:03:34

Blog

Wasir atau ambein adalah pembengkakan pembuluh darah vena di daerah anus, mirip seperti varises. Gejala wasir yang sering terjadi adalah pendarahan setelah buang air besar,Warna darah berwarna merah terang, Terdapat lendir setelah buang air besar, Benjolan tergantung di luar anus, Pembengkakan, rasa nyeri, dan kemerahan di sekitar anus, Mengalami gatal-gatal di sekitar anus, Ada benjolan saat buang air besar

27 Feb 2018 10:02:13

Blog

DUKUNG Dr. GRACE KORBAN KEKERASAN OKNUM PETINGGI SALAH SATU ORMAS DI BADUNG, UNTUK MEMPROSES LANJUT KASUS INI SECARA HUKUM!

Saat ini proses pembuatan laporan kepolisian sedang berlangsung... dr. Grace didampingi oleh Kadinkes Kab. Badung dan beberapa teman sejawat dokter.

23 Feb 2018 11:02:58

Blog

Dalam beberapa dekade ini sering  dibicarakan oleh dimasyarakat mengenai ANTIOKSIDAN, bagaimana manfaat dan peran dari antioksidan  bagi kesehatan tubuh dan sebagai antiaging. Apa kaitannya dengan antioksidan yang sering kita dengar? Berbicara tentang antioksidan tentunya kita harus mengerti terlebih dahulu apa itu radikal bebas yang merupakan biang keladi dari penuaan. Radikal bebas merupakan molekul aktif yang dapat merusak protein dari DNA sel kita. Setiap manusia pasti akan bertambah tua, setiap detik, bahkan tanpa kita sadari.  Hal ini disebabkan serangan konstan radikal bebas terhadap DNA kita adalah akar dari penuaan. Ketika tubuh bertambah tua , sistem pertahanan antioksidan akan melemah dan berdampak semakin banyaknya radikal bebas.

23 Feb 2018 10:02:30

Dokter Patrianef

Blog

Selama ini jika kita bicara tentang besaran tarif Ina-CBGs dan Kapitasi yang kita anggap tidak memadai, maka mata kita akan menoleh ke Kementerian Kesehatan yang mengeluarkan Permenkes tentang besaran tarif. Demikian juga jika kita mengajukan keluhan ke BPJS Kesehatan, maka dengan gampang BPJS Kesehatan akan menghindar dan menunjuk Penetapan tarif oleh Menteri Kesehatan dan berkelit bahwa BPJS Kesehatan hanya sebagai jurubayar.

08 Feb 2018 08:02:34

Blog

Teknologi terus berkembang dengan pesat, menembus semua sektor industri. Tidak terkecuali sektor kesehatan dan kedokteran. Salah satu teknologi yang sedang populer saat ini adalah chatbot. Pasalnya, chatbot dapat di akses dengan mudah melalui platform digital selama 7 x 24 jam tanpa perlu melibatkan manusia. 

Chatbot adalah sebuah program komputer yang di rancang untuk menstimulasi sebuah percakapan. Karena chatbot berupa program komputer sehingga dapat berjalan otomatis menjawab pertanyaan - pertanyaan user.

24 Jan 2018 11:01:59

Blog

Mewabahnya penyakit difteri telah ditetapkan sebagai kejadian luar biasa oleh Kementrian Kesehatan dan anjuran ulang untuk vaksinisasi ulang pada usia - usia tertentu. Kejadian ini sangat meresahkan masyarakat, karena sampai Desember 2017  sudah menjangkiti di 20 propinsi, 98 kabupaten, dan kota - kota di Indonesia dengan jumlah 622 kasus dan 32 di antaranya meninggal. 

17 Jan 2018 08:01:02

Blog

Kini Nigeria dapat bernafas lega, pasalnya di tahun 2017 lalu Nigeria telah dinyatakan bebas polio. Upaya pemerintah Nigeria untuk menanggulangi wabah polio di negaranya membuahkan hasil. Namun, upaya ini menghasilkan utang sebesar utang 76 juta dollar AS atau setara Rp 950 miliar terhadap Jepang  melalui program Overseas Development Assistance (ODA) yang diselenggarakan Pemerintah Jepang pada 2014 lalu.

11 Jan 2018 10:01:31

Blog
Banyaknya yang terjangkit penyakit Diftery telah ditetapkan sebagai kejadian luar biasa oleh Kementrian Kesehatan dan anjuran untuk melakukan Vaksinasi ulang pada usia2 tertentu. Dan ini cukup meresahkan masyarakat, karena sampai November 2017 sudah menjangkiti 20 propinsi 95 kabupaten dan kota di Indonesia dengan jumlah 622 kasus dan 32 diantaranya meninggal. Karena sangat meresahkan masyarakat kali ini kita akan bahas tentang Diftery dari penyebab, cara penularan, bagaimana gejala orang yang terkena Diftery, bagaimana pengobatannya dan bagaimana kita mencegah untuk tidak tertular penyakit ini selain kita harus menjaga kesehatan kita pribadi.

07 Jan 2018 03:01:07

Blog

Perdebatan tentang dihapuskannya status "President Elect" dalam struktur PB IDI, bukanlah wacana yang baru. Diskursus masalah ini sudah kencang beredar bahkan sebelum dan sesudah Muktamar IDI di Medan 2015. Walaupun hasilnya adalah "terpentalnya" gerakan perubahan ini saat Pleno Muktamar 2015 tersebut, akan tetapi bukan malah menghilang atau mereda namun bahkan isu ini makin menguat hari demi hari.

Terbukti pada Rakernas IDI 2017, menjadi puncak "meluapnya" aspirasi tentang dihapuskannya mekanisme dan keberadaan "President Elect" dalam struktur PB IDI. Kembali ke khitah, ya aspirasi untuk mengembalikan mekanisme pemilihan Ketua Umum ke awal-awal dimana organisasi profesi dokter Indonesia ini berdiri, yaitu yang terpilih pada Muktamar langsung menjabat sebagai Ketua Umum. Sehingga tidak perlu lagi menunggu 3 tahun kemudian baru menjabat, dimana bisa saja figur yang kita pilih 3 tahun sebelumnya ada kemungkinan terkena masalah ataupun sudah bukan lagi "the man/woman on the right place" saat 3 tahun kemudian, walaupun tentu saja hal ini masih dapat diperdebatkan. Namun, keinginan bahwa yang kita pilih saat ini langsung memimpin setelah terpilih, arusnya sangatlah kuat. Karena hampir semua kepemimpinan baik itu di legislatif, eksekutif, yudikatif ataupun lembaga dan organisasi non-pemerintah saat ini yang nyata dipraktekkan adalah langsung menjabat setelah terpilih. Ini adalah realitas demokrasi terkini dan tentu saja menunjukkan kematangan atau kedewasaan dalam berorganisasi. Bukankah organisasi IDI itu sudah sangat matang dan dewasa? 

03 Jan 2018 10:01:31

Advertising