Blog Kesehatan & Kedokteran | Doktersiaga - Jadwal praktek dokter & direktori dokter

Blog

Card image cap
Dokter dan Ruang Publik

Menurut saya , ruang publik dunia kesehatan saat ini adalah ruang yang terlihat kosong. Memang ada satu dua material yang mengisinya, tetapi lebih banyak kekosongan dan kehampaan.

Ruang publik dunia kesehatan harusnya bergerak dan diisi oleh ide ide kreatif yang bergerak dan berfikir jauh 20-30 tahun kedepan. Memikirkan nasib bangsa ini terutama dunia kesehatan kedepannya dan bisa membentuk dan memprediksi dunia kesehatan dan kedokteran kedepannya serta mampu dipahami dan dimengerti serta pada waktunya diterima dan diperjuangkan publik.

09 Nov 2018 08:11:00

Card image cap
Gambaran Besar Akar Permasalahan Anggaran BPJS Kesehatan Yang Selalu Defisit

Memang banyak yang belum paham benar tentang sistem asuransi sosial khususnya asuransi kesehatan sosial. Para praktisi medis, pakar ekonomi dan asuransi kesehatan pun masih banyak yang bersimpang paham, apalagi orang awam yang dasar kompetensinya bukanlah di bidang pembiayaan dan pelayanan kesehatan.

20 Oct 2018 02:10:19

Card image cap
Mengapa Pemeriksaan Kesehatan Pranikah itu penting?

Nah di artikel ini sahabat akan mendapatkan informasi beberapa alasan pentingnya pasangan yang akan menikah melakukan Premarital Health Check-up (Pemeriksaan Kesehatan Pranikah).

Bagi banyak manusia, pernikahan adalah salah satu peristiwa yang istimewa dalam kehidupan. Jadi, tidak mengherankan bila banyak orang yang mempersiapkan acara pernikahan jauh-jauh hari demi mewujudkan kesempurnaan saat disahkannya hubungan cinta mereka. Nah biasanya untuk persiapan hari besar tersebut itu, pasangan dan keluarga menyediakan waktu dan dananya pada pemilihan dan pembiayaan gaun pengantin, rambut dan riasan, dekorasi, undangan, tempat, dan tujuan bulan madu. Namun, ada satu hal yang sering terabaikan – tetapi sangat penting, yaitu Pemeriksaan Kesehatan Pranikah.

20 Oct 2018 11:10:14

Card image cap
Tarik Ulur Masalah JKN/BPJS Kesehatan

Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan saat ini memasuki episode tarik-menarik. Hal ini menarik disikapi karena semua pihak merasa adalah yang paling penting dan di satu sisi juga adalah yang paling menjadi korban.

Indikasi terhadap hal tersebut di atas, sangat menyilaukan mata. Berbagai polemik berseliweran di tengah carut-marut program pro rakyat dengan sistem adaptasi dari negara liberal. Sistem pengelolaan dan pembiayaan kesehatan kita yang disebut JKN, tak terlepas dari sistem asuransi kesehatan yang diterapkan oleh negara maju, baik dari aliran persemakmuran Inggris Raya, maupun aliran dataran Eropah dan Amerika Serikat. Kita harus jujur bahwa negara kita tak memiliki sistem yang diambil dan didasari oleh karakteristik negara kita, intinya semuanya impor. Ya, sistem pembiayaan dengan skema INA-CBGs adalah skema yang diimpor.

10 Sep 2018 10:09:59

Card image cap
Otonomi Kesehatan Sebagai Solusi Persoalan Layanan Kesehatan

AKHIR-AKHIR ini terus bergulir keluhan baik yang disampaikan oleh dokter maupun pasien atau pengguna jasa layanan kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, terkait semakin tak berdayanya peran BPJS dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Keluhan semakin memuncak setelah pada 21 Juli 2018 diberlakukan Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan No.2, 3 dan 5 Tahun 2018.

25 Aug 2018 08:08:11

Card image cap
BPJS Kesehatan Defisit, Siapakah Yang Harus Bertanggung Jawab?

Sumber dana utama dari program JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan adalah dari iuran atau premi yang dibayarkan oleh PBI (Penerima Bantuan Iuran), PPU (Pekerja Penerima Upah), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP).

Khusus untuk PBI ditetapkan oleh UU APBN dengan kata lain dibayarkan langsung oleh Pemerintah Pusat (sering disamakan dengan dana Jamkeskin pada program Jamkesmas yang dulu). Ya, tentu saja hal ini karena oleh Pemerintah Pusat menganggap yang masuk kategori PBI adalah orang miskin yang tidak mampu membayar iuran atau premi JKN. Adapun besaran nilai iuran PBI ini ditentukan oleh Peraturan Presiden. Sedangkan peserta lain selain PBI, dikategorikan sebagai non-PBI.

06 Aug 2018 09:08:38

Card image cap
Peningkatan Kompetensi Spesialis Bedah Indonesia Dalam Menghadapi Globalisasi Pelayanan Bedah

MABI (Muktamar Ahli Bedah Indonesia) Makassar XXI: Peningkatan Kompetensi Spesialis Bedah Indonesia Dalam Menghadapi Globalisasi Pelayanan Bedah. 18-22 Juli 2018, Grand Clarion Hotel & Convention – Makassar

Pada era globalisasi saat ini pelayanan kesehatan terkhusus di bidang ilmu bedah mengalami tantangan dari segala aspek, baik internal maupun eksternal. Hingga pada kesempatan kali ini, Muktamar dan pertemuan ilmiah tahunan perhimpunan dokter spesialis bedah Indonesia (IKABI) mengusung tema“ Peningkatan Kompetensi Spesialis Bedah Indonesia Dalam Menghadapi Globalisasi Pelayanan Bedah”.

17 Jul 2018 08:07:22

Card image cap
Menghilangkan Varises Dengan Cara Efektif dan Aman

Varises adalah pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang umumnya terjadi pada bagian kaki akibat penumpukan darah. Varises merupakan pembuluh darah balik atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan vena, yang berfungsi mengembalikan darah sisa metabolisme dari seluruh jaringan tubuh kembali menuju  jantung. Varises ini dapat menyebabkan sirkulasi darah menjadi terhambat pada area disekitar tungkai kaki dan betis saat menahan bobot tubuh yang terjadi akibat dari aktiftas berdiri dan berjalan tegak dalam waktu yang lama, yang akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah vena pada bagian tubuh bawah.

01 Jul 2018 05:07:14

Card image cap
Asisten kesehatan virtual yang menemani anda 24 jam

Teknologi berkembang pesat dan masuk di semua lini sendi kehidupan kita. Terlebih di era digital, saat ini semua hal dapat di online kan. Dari mulai kita memesan ojek untuk kebutuhan transportasi, memesan makanan, olah raga hingga belanja kebutuhan sehari - hari. Semua ini dapat di lakukan melalui smartphone yang kita miliki.

19 Jun 2018 03:06:10

Card image cap
Strategi Dosen Unismuh Bersinergi Membangun Negeri

Sinergi dan kolaborasi adalah pondasi utama untuk membangun negeri. Hal itu telah ditunjukkan oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah [FEB Unismuh] Makassar, Agusdiwana Suarni, S.E., M.Acc. dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah [FK Unismuh] Makassar, dr. Dito Anurogo, M.Sc. Keduanya melakukan kunjungan ke kantor Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa pada hari Jumat, 20 April 2018, dalam rangka survei awal program kemitraan masyarakat bertajuk ‘’Melinesia 2018’’.  

23 Apr 2018 07:04:56

Showing results of 428