Menghilangkan Varises Dengan Cara Efektif dan Aman | Doktersiaga - Jadwal praktek dokter & direktori dokter
01 Jul 2018 05:07:14

Menghilangkan Varises Dengan Cara Efektif dan Aman

Di lihat 1.155x
menghilangkan varises dengan cara efektif dan aman

Varises adalah pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang umumnya terjadi pada bagian kaki akibat penumpukan darah. Varises merupakan pembuluh darah balik atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan vena, yang berfungsi mengembalikan darah sisa metabolisme dari seluruh jaringan tubuh kembali menuju  jantung. Varises ini dapat menyebabkan sirkulasi darah menjadi terhambat pada area disekitar tungkai kaki dan betis saat menahan bobot tubuh yang terjadi akibat dari aktiftas berdiri dan berjalan tegak dalam waktu yang lama, yang akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah vena pada bagian tubuh bawah.

Gejala varises umumnya berupa nyeri kaki atau kaki terasa berat, khususnya setelah berdiri atau duduk dalam waktu yang lama. Vena terlihat menonjol keluar berwarna biru atau ungu tua. Kadang-kadang bentuknya menyerupai simpul atau tali berpilin sepanjang paha, mata kaki, atau lutut

Kasus varises kebanyakan dialami oleh wanita dibanding pria. Selain berjenis kelamin wanita, faktor lain yang bisa meningkatkan seseorang terkena varises adalah obesitas, kehamilan, dan usia tua.

Untuk menghilangkan varises dapat di lakukan dengan cara alami ataupun pengobatan sesuai anjuran dokter. Untuk detailnya adalah sebagai berikut :

Pengobatan Varises Secara Alami

Gejala yang ditimbulkan oleh varises bukan hanya menyakitkan, selain dapat mengganggu, varises juga dapat menyebabkan kram, nyeri dan sakit berdenyut pada bagian pergelangan kaki disertai dengan bengkak, kondisi seperti ini biasanya menjadi lebih parah pada kondisi tertentu seperti saat cuaca panas, selama periode menstruasi atau terlalu lama berdiri dan masih banyak lagi. Berikut ini beberapa cara mengobati varises secara alami. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit varises: :

Kurangi Waktu Duduk Atau Berdiri. Terlalu banyak duduk atau berdiri juga menjadi salah satu faktor timbulnya varises, karena kaki terutama bagian betis yang harus memopong beban tubuh yang terlalu berat. Untuk itulah saat anda banyak melakukan aktivitas duduk atau berdiri maka sebaiknya selingi dengan berdiri setidaknya setengah jam atau 40 menit.

Hindari Penggunaan Heels. Sepatu dengan tumit rendah akan memberikan kesemapatan otot pada betis untuk bekerja secara optimal. Namun bagi anda yang dituntut untuk selalu menggunakan heels disetiap aktivitasnya, ada baiknya seringlah lakukan peregangan pada kaki saat istirahat.

Perhatikan Berat Badan dan Asupan Makanan. Obesitas atau kegemukan dapat meningkatkan resiko terkena varises. Untuk itu, perhatikan berat badan dan jaga agar tetap ideal. Selain itu, ikuti pula dengan diet rendah garam untuk mencegah pembengkakan sebagai akibat dari retensi cairan.

Tinggikan Kaki. Meninggikan kaki bisa anda lakukan dirumah saat sedang santai. Hal ini berguna untuk mengurangi gaya gravitasi pada vena kaki dan meningkatkan sirkulasi darah agar tidak terhambat. Angkatlah kaki saat sedang bersantai, usahakan posisi kaki lebih tinggi dari pada jantung.

 

Pengobatan Varises Sesuai Anjuran Dokter

Adapun beberapa anjuran dokter untuk dapat mengatasi varises yang terjadi pada tungkai kaki adalah dengan beberapa cara berikut ini 

  • Konsumsi obat atau suplemen yang dapat meringankan varises.
  • Konsumsi asam lemak omega-3 sebanyak 100 mg/hari.
  • Konsumsi Ginkgo Biloba sebanyak 120 mg/ dua kali sehari.
  • Gunakan stocking kompresi atau stocking khusu varises. Stocking yang diguankan untuk terapi varises ini berfungsi menekan pembuluh darah sehingga volume pembuluh darah tidak tertahan pada pembuluh darah vena. Yang mana jika hal ini terjadi maka tak bisa dipungkiri lagi kondisi seperti ini besar kemungkinannya untuk memicu timbulnya varises.

Apabila telah melewati beberapa pengobatan dan terapi, namun varises yang anda alami tak kunjung sembuh juga. Ada beberapa pengobatan khusus yang bisa diaplikasikan yakni seperti :

  • Melalui jalan operasi laser
  • Vein Stripping
  • Ambulatory Phlebectomy
  • Sclerotherapy
  • Operasi vena endoskopik

Demikianlah informasi mengenai varises dan cara pengobatanya, semoga bermanfaat bagi anda.

Comments