Ormas PDIB Menyerukan Komunitas Dokter dan Dokter Gigi Indonesia Membentuk Partai Politik

Maka dengan begitu terbatasnya (atau dibatasi) ruang gerak organisasi profesi dokter Indonesia. Kenapa tidak mulai saat ini, kita para dokter dan dokter gigi memikirkan untuk membentuk dan mendirikan suatu partai politik dengan basis anggotanya adalah dari dokter dan dokter gigi bersama keluarga besar kita?

Hitung-hitungan atau kalkulasi untuk itu sebenarnya memungkinkan. Bagaimana perhitungannya?

Saat ini jumlah dokter dan dokter gigi jika digabungkan adalah sekitar 200 ribu lebih anggota. Andaikan masing-masing anggota membawa rerata 5 anggota keluarga besar mereka maka jumlahnya sudah sekitar 1 juta orang.

Belum lagi jika para dokter memiliki pasien yang banyak, maka potensi simpatisan terhadap dokter tersebut sangat besar, jumlah di atas bisa dikalilipatkan sampai 10 kali. Dengan dasar ini saja maka jumlah 10 juta dukungan sudah dapat diraih. Dengan jumlah demikian, kita sudah dapat lolos di Senayan dengan perwakilan yang signifikan.

Bukankah dokter dan dokter gigi di Indonesia tersebar di seluruh Indonesia? Bahkan organisasi profesi IDI dan PDGI sudah berdiri hampir diseluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia. Hal ini akan sangat memudahkan untuk mendirikan kepengurusan yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh UU dan KPU RI.

Soal modal dan sumber daya, saya yakin dari jumlah 200 ribuan tersebut bukanlah hal yang sulit untuk kita secara gotong-royong saling menyumbangkan ataupun membuka jalur dukungan, bukankah para dokter itu memiliki jaringan yang sangat kuat?

Dengan adanya kekuatan politik tersebut, maka siapapun yang memegang kekuasaan Pemerintah, baik itu di Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif tidak akan lagi memandang sebelah mata apalagi mengobok-obok kita para dokter.

Dengan adanya kekuatan politik yang sah dan memiliki landasan hukum yang sah sesuai peraturan perundang-undangan di Republik ini, kenapa tidak?

Kita tak perlu lagi mengharapkan bantuan "orang lain atau kelompok lain", kita harus dan bisa berjuang sendiri!

Perjuangan kita akan sangat kuat dan akan lebih nikmat karena merupakan hasil keringat kita sendiri, tanpa "meminta-minta atau memohon-mohon bahkan mengemis" kepada pihak lain ataupun Pemerintah.

Di masa depan, kita harus memikirkan dan memutuskan kekuatan riil kita secara optimal dan maksimal. Ya, kekuatan riil kita akan sangat kuat dengan membentuk kekuatan politik resmi yang memang memungkinkan di negara Republik ini.

Langkahnya sangat mudah, kita dalam kurun waktu 5 tahun ke depan mulai dari saat ini mempersiapkan semua hal yang menjadi persyaratan berdirinya partai politik. Dapat dimulai dengan membentuk kepengurusan Ormas PDIB di Kabupaten/ Kota sebagai Pengurus Cabang dan kepengurusan di Provinsi sebagai pengurus Wilayah.

Setelah kepengurusan tersebut terbentuk dengan sebaran di seluruh wilayah Indonesia dan kemudian memenuhi ketentuan sesuai UU Parpol dan Ketentuan KPU untuk berdiri sebagai Partai Politik, maka kemudian kita mendeklarasikan perubahan Ormas PDIB menjadi Partai Politik, lalu mendaftar kembali ke Kemenkumham RI perubahan tersebut (bukankah beberapa Partai yang eksis saat ini sudah melakukan hal ini, yaitu dimulai sebagai Ormas lalu berubah menjadi Parpol?).

Itu adalah contoh sederhananya. Adapun apabila kita mau lebih besar lagi, maka kita dapat menggabungkan Parpol ini dengan memperluas keanggotaannya dengan memasukkan semua tenaga kesehatan di dalamnya. Tentu saja nama partai ini berdasarkan kesepakatan dapat berubah, misalnya namanya menjadi Partai Rakyat Indonesia Sehat.

Jika hal ini yang terwujud, maka jumlah dukungan berdasarkan kalkulasi akan berubah, bukan saja 10 juta dukungan bahkan bisa mencapai 50 juta dukungan. Ini berarti akan menjadi Partai Politik Terbesar di Indonesia! Bukan mustahil bukan?

Ayo, mari kita satukan ide dan pemikiran kita dan mewujudkannya menjadi tindakan nyata yang tentu saja bukan saja demi kita para insan kedokteran dan kesehatan Indonesia, akan tetapi juga bagi rakyat dan bangsa kita Indonesia tercinta.

Ayo... Marilah kita melakukan "brainstorming" mulai saat ini dan tentu saja kita harus kompak dan bersatu untuk berjuang bersama-sama.

Maju dan Jayalah Bangsa kita Indonesia!

Bravo!

15 Maret 2018

dr. James Allan Rarung

#AnakKampung

#DokterIndonesia

#PartaiDokterIndonesiaBersatu

#PartaiRakyatIndonesiaSehat

Join with doktersiaga

Artikel Lainya

  1. Kenapa Dokter Berpolitik ?
  2. Inilah Hari Yang Bersejarah Bagi Dunia Kedokteran Indonesia
  3. 7 Penyakit dengan biaya pengobatan termahal
  4. BALADA DOKTER PUSKESMAS
  5. Peran Antioksidan Bagi Kesehatan Tubuh Dan Sebagai Antiaging