Sebenarnya penting nggak sih sarapan pagi?

Bila kita tidak sarapan pagi maka tidak ada nutrisi yang masuk karena selama kita tidur kita berpuasa. Sedangkan kita harus melakukan aktivitas dan rutinitas sehari-hari. Apalagi kalau aktivitas kita memerlukan energi yang tinggi.

Sehingga bila kita tidak sarapan maka otak akan kekurangan glukosa akibatnya dapat mengganggu konsentrasi, mood dan fungsi memori. Selain itu bila kita tidak sarapan juga dapat membuat kerja otot menurun karena otot juga memerlukan glukosa sebagai sumber energi untuk berkontraksi dalam melakukan aktivitas dan badan menjadi kurang fit. Bahkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh The Endocrine Societytahun 2018 menyatakan bahwa sarapan tinggi kalori dapat mengurangi berat badan, memperbaiki diabetes dan mengurangi penggunaan insulin. Tentunya diikuti dengan makan siang porsi sedang dan makan malam yang lebih sedikit.

Ahli nutrisi menyatakan bahwa sarapan harus dilakukan dalam kurun waktu 2 jam sejak bangun tidur dan sarapan sebaiknya 20-35% dari kebutuhan kalori harian. Menu sarapan harus mencakup kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Jadi bukan melulu karbohidrat misalnya hanya makan mie instant atau roti dengan selai.

Jadi jelas bahwa sarapan itu penting dibandingkan dengan makan siang apalagi makan malam. Sesuai dengan namanya dalam bahasa Inggris Breakfast dari kata Break dan Fast yang artinya kurang lebih berbuka puasa. Selamat sarapan!

Artikel Lainya

  1. Berat badan normal, tetapi perut kok buncit?
  2. 7 Penyakit dengan biaya pengobatan termahal
  3. Kanker Serviks, Wanita Wajib Mengetahuinya
  4. Peran Antioksidan Bagi Kesehatan Tubuh Dan Sebagai Antiaging