Stroke adalah sindroma atau kumpulan gejala sistem saraf yang terjadi mendadak dengan tipe spesifik akibat penyakit pada pembuluh darah otak. Arti dari penyakit pembuluh darah otak adalah semua gangguan pada otak akibat proses kerusakan pada pada pembuluh darah otak.

 Dapat dilihat dari data di Indonesia mengenai stroke, baik dalam hal kejadian, kematian, kecacatan, semuanya mengalami peningkatan. Stroke merupakan penyebab kematian ke-3 di Indonesia. Penderita laki-laki lebih banyak dari perempuan dan paling banyak terjadi pada usia 45-64 tahun. Hal ini sangatlah mengkhawatirkan dan stroke ditakutkan akan menimbulkan masalah yang lebih besar di masa yang akan datang terutama karena stroke dapat menyerang usia produktif dan usia lanjut. Stroke merupakan salah satu penyebab kecacatan dan kematian yang paling tinggi.

JENIS-JENIS STROKE

Stroke terbagi atas 2 jenis, yaitu Stroke Iskemik dan Stroke Hemoragik. Stroke iskemik biasa disebut penyumbatan pembuluh darah. Sedangkan stroke hemoragik adalah kejadian dimana terjadi pendarahan otak dan menjadi salah satu jenis stroke yang berat. 

GEJALA

Stroke dapat dideteksi karena memiliki ciri-ciri yang spesifik, yaitu diantaranya:

  1. Timbul mendadak. Stroke muncul dengan sangat tiba-tiba sehingga stroke diibaratkan sebagai suatu “Brain Attack”.
  2. Menunjukkan gejala-gejala gangguan saraf yang berbeda sisi terhadap pembuluh yang tersumbat. Contohnya: Pembuluh darah yang tersumbat yaitu pada otak sebelah kiri, maka tubuh sebelah kanan yang mengalami kelumpuhan.
  3. Kesadaran dapat menurun sampai koma terutama pada perdarahan otak.

DIAGNOSA DAN PENGOBATAN

Untuk mengindikasikan stroke perlu dilakukan Head CT Scan secepatnya. Dengan begitu, diagnosa stroke jenis apa dapat dipastikan dan akan sangat berpengaruh dengan tindakan selanjutnya. Semakin cepat stroke ditangani maka hasil akhirnya akan lebih baik.

Pada stroke iskemik untuk pengobatan spesifik pasien diberi obat-obatan antiplatelet atau antikoagulan, tergantung dengan jenis penyumbatannya. Pada stroke hemoragik, maka obat-obatan diatas tidak boleh diberikan.

Daftar gratis member doktersiaga

Pengobatan stroke juga termasuk di dalamnya rehabilitasi medik atau fisioterapi untuk membantu mengembalikan fungsi.

Serangan stroke dapat menyerang kalangan remaja, dewasa dan para lansia baik itu pria maupun wanita. Mulai menerapkan pola hidup  sehat pada diri sendiri merupakan kunci utama untuk menangkal maupun mencegah serangan stroke. Anda dapat memulainya dengan melakukan berbagai aktivitas fisik yang menyehatkan, tidak malas berolahraga serta mengkonsumsi aneka makanan yang sehat untuk tubuh dan seluruh organ dalam tubuh anda.

Stroke dapat dicegah sedini mungkin. Segera konsultasikan diri anda ke Rumah Sakit Columbia Asia Medan untuk penanganan lebih lanjut.

Sumber:

dr. RA. Dwi Pujiastusi, M.Ked(Neu), SpS - Spesialis Saraf

Rumah Sakit Columbia Asia Medan
Jl. Listrik No. 2A Medan, Sumatera Utara
+6261 4566 268
Email: customercare.medan@columbiaasia.com