Pertumbuhan ekonomi yang belum merata menyebabkan banyak daerah di Indonesia belum memiliki fasilitas maupun sarana medis yang memadai. Hal ini juga dipersulit dengan keadaan demografi Indonesia yang terdiri dari ribuan kepulauan dengan jumlah penduduk yang cukup besar serta angka kelahiran yang cukup tinggi.Dalam banyak kasus pemindahan pasien memerlukan moda transportasi seperti pesawat terbang, helikopter, (ambulan udara), kapal laut maupun ambulan darat.

Ambulan udara adalah pesawat terbang yang didisain khusus dan dilengkapi dengan berbagai alat emergency kedokteran dengan tujuan mengangkut orang yang terluka atau sakit untuk mendapatkan perawatan yang lebih optimal dimana jarak tempuh rumah sakit yang dituju cukup jauh dari rumah sakit atau klinik yang merujuk.

Layaknya ambulans darat, ambulans udara dilengkapi dengan peralatan medis yang krucial dan diperuntukkan untuk monitoring kondisi pasien selama perjalanan. Ambulan udara juga dilengkapi ventilator (alat bantu napas), serta syringe / infuse pump, dan lain-lain. Tim ambulan udara medis umumya dilengkapi dengan dokter spesialis anestesi, spesialis anak-neonatal dan kemungkinan juga oleh dokter spesialis jantung maupun spesialis lainnya yang keahliannya terkait dengan kondisi pasien yang dievakuasi.

Pada awal berdirinya PT Emergency Response Indonesia, yang tergabung dalam Bundamedik Healthcare System, adalah layanan transportasi darurat RS ibu dan anak untuk domestik dengan ambulan darat, namun sesuai perkembangan jaman dan kebutuhan medis berubah juga melayani pasien bayi/anak/dewasa dengan tujuan baik nasional maupun international dengan transport udara. Persiapan dan koordinasi dengan pesawat udara charter guna konfirmasi terbang akan membutuhkan waktu hingga 1 x 24 jam ke depan. Hal ini perlu disikapi oleh pasien dan keluarganya.

Secara paralel resume medis dari RS yang merujuk perlu didapatkan sehingga tim evakuasi medis mendapatkan kondisi terakhir pasien. Hal ini berhubungan dengan kebutuhan spesialis/ dokter yang mendampingi serta persiapan obat, alat medis yang perlu ditambahkan.Pendekatan sedikit berbeda jika melakukan evakuasi medis dengan pesawat terbang komersial, yang biasanya akan menunggu jumlah bangku pesawat yang tersedia di maskapai tersebut, antara 9-12 bangku (seat) tergantung dari jenis pesawat yang dipergunakan serta kebutuhan tim medis beserta keluarga.

KEUNGGULAN ER

  1. Memiliki karyawan tetap di bidang operasional/ paramedik yang bertugas 24 jam, 7 hari seminggu.
  2. Ventilator bersertifikat dan aman di dunia penerbangan yang dapat digunakan untuk pasien dalam kondisi kritis hingga bayi premature dengan berat 500gr. Untuk saat ini cukup sulit mendapatkan alat bantu ventilator yang mobile dengan kemampuan membawa bayi dengan berat sangat rendah di negara kita.
  3. Sudah dikenal sebagai mitra evakuasi medis udara baik oleh pihak RS pemerintah yang bertaraf rujukan nasional maupun swasta dalam hal ini departemen anak/NICU
  4. Kemudahan dalam hal rujukan untuk mendapatkan ruangan tertentu seperti ICU/ICCU, NICU, PICU & ruang perawatan lainnya jika pasien menginginkan di rawat di rumah sakit yang berada dinaungan grup Bundamedik.
  5. 24/7 Concierge Center ER dengan tenaga paramedik/perawat sehingga memudahkan komunikasi dalam hal menanggapi permintaan evakuasi medis
  6. Website dapat dikunjungi di www.er-indonesia.co.id dalam bilingualBersertifikat ISO 9001: 2008 oleh badan auditor SGS Indonesia sejak tahun 2015.
  7. Dalam hal transfer dan penjemputan pasien di bandara Jakarta, ER mempunyai ambulan VVIP yaitu Mercedes Sprinter A2 yang dapat dikatakan merupakan pengguna pertama model ini dengan mempertimbangkan suspensi yang optimal, getaran dan noiseyang sangat rendah sehingga diharapkan memberikan kenyamanan pada pasien baik dewasa dan anak/bayi

ER telah melakukan pelayanan evakuasi medis sejak tahun 2008 tidak saja di level domestik, namun juga di area regional. Beberapa waktu lalu, tim melakukan pemindahan pasien bayi di dalam wilayah Malaysia, yaitu dari daerah Kedah, Alor Setar ke Subang, Selangor Malaysia.

Ke depannya ER akan terus meningkatkan pelayanan servis ambulan udara dengan prinsip penerbangan yang aman, nyaman dengan menjaga quality assurancetim baik personil yang melakukan evakuasi yaitu paramedik/perawat, dokter serta ground hadlingyang ramah, profesional agar kualitas pelayanan dapat dilakukan secara terintegrasi dan memuaskan. “Save your family…with us!”.