Kini Nigeria dapat bernafas lega, pasalnya di tahun 2017 lalu Nigeria telah dinyatakan bebas polio. Upaya pemerintah Nigeria untuk menanggulangi wabah polio di negaranya membuahkan hasil. Namun, upaya ini menghasilkan utang sebesar utang 76 juta dollar AS atau setara Rp 950 miliar terhadap Jepang  melalui program Overseas Development Assistance (ODA) yang diselenggarakan Pemerintah Jepang pada 2014 lalu.

Utang sebesar 76 juta dollar AS ini sulit di lunasi mengingat Nigeria adalah salah satu negara miskin dengan penduduk miskin terbanyak di dunia. Melihat kondisi ini, pendiri Microsoft Bill Gates merogoh koceknya untuk membantu Nigeria melunasi utang tersebut.

Bill Gates dan sang istri Melinda Gates memang senang berderma dan peduli dengan isu kesehatan melalui Bill & Melinda Gates Foundation. Pasangan suami istri ini juga lah yang mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation yaitu sebuah yayasan yang memiliki tujuan untuk memperbaiki sistem kesehatan dan mengurangi kemiskinan ekstrem di seluruh dunia.

Sudah banyak sumbangan yang diberikan oleh Bill Gates baik untuk proyek - proyek penelitian kemanusian dan kesehatan hingga bantuan lainya, bahkan ditahun 2014 lalu Bill Gates melalui Bill & Melinda Gates Foundation membawa sumbangan US$ 40 juta ke Indonesia untuk mendukung pembentukan Indonesian Health Fund.

Pasangan Bill dan Melinda Gates tercatat sebagai orang yang paling dermawan versi majalah Forbes. Keduanya sepanjang hidupnya telah mendonasikan hartanya sekitar US$ 2,6 miliar untuk melawan penyakit dan membangun pendidikan di seluruh penjuru dunia.

Kekayaan mereka mendukung untuk misi mulia tersebut. Bill Gates bertahun-tahun tercatat sebagai orang terkaya di dunia. Di 2017 lalu, Bill Gates menempati posisi kedua dengan jumlah kekayaan sekitar 91,8 miliar dolar AS (Rp 1.243 triliun).

Polio merupakan salah satu prioritas utama Bill and Melinda Gates Foundation. Selain Polio Bill Gates juga pernah menyumbangkan dananya untuk upaya penyembuhan pasien Ebola di Guinea dan negara terdampak lainnya. Dengan jumlah dana yang di sumbangankan sebesar Rp69,2 miliar di tahun 2014 lalu.