Penyakit asam urat adalah penyakit dengan rasa nyeri, bengkak dan rasa seperti terbakar di sendi dan sering terjadi pada sendi - sendi kecil seperti jari kaki dan tangan. Rasa nyeri nya dapat timbul dalam hitungan jam dan bertahan bisa sampai lebih dari beberapa hari. Yang perlu di perhatikan  adalah perbedaan rasa nyeri pada asam urat/gout atau pada rematik. Pengobatan asam urat dibedakan pada 2 hal, apakah penderita dalam kondisi serangan atau tidak.

Karena tidak semua penderita dengan kadar asam urat tinggi pada darah mendapatkan rasa nyeri. Jika dalam kondisi serangan biasanya penderita diberikan obat pereda nyeri seprti cholcisine, golongan OAINS, dan juga diberikan obat - obatan dari golongan steroid. Sedangkan jika tidak dalam kondisi serangan maka di berikan obat untuk mencegah timbulnya serangan seperti allopurinol. Pemberian vitamin saraf juga sangat penting untuk mengatasi rasa nyeri atau kesemutan.

Dokter biasanya tidak memberikan saran obatan herbal jika obat herbal tersebut tidak memiliki uji klinis, tetapi dokter juga biasanya tidak melarang selama tanggung jawab ada pada pasien sendiri.

Sebenarnya untuk kasus asam urat, asalkan kita mau memperhatikan makanan yang dikonsumsi di bantu dengan dukungan obat dari dokter biasanya sudah cukup. Untuk mengatasi asam urat hindari makan makanan seperti jeroan, kacang - kacangan seperti buah melinjo, hidangan laut terutama ikan bandeng, daging merah, dan minuman beralkohol.

Jika anda sudah memiliki hasil pemeriksaan laboratorium, konsultasikan hasil pemeriksaan laboratorium anda ke dokter terdekat. Pengobatan asam urat biasanya dilakukan sesuai hasil laboratorium dan gejala klinis yg dirasakan.

Tanya dokter