Mengapa Pemeriksaan Kesehatan Pranikah itu penting? | Doktersiaga - Jadwal praktek dokter & direktori dokter
20 Oct 2018 11:10:14

Mengapa Pemeriksaan Kesehatan Pranikah itu penting?

Di lihat 123x
mengapa pemeriksaan kesehatan pranikah itu penting?

Nah di artikel ini sahabat akan mendapatkan informasi beberapa alasan pentingnya pasangan yang akan menikah melakukan Premarital Health Check-up (Pemeriksaan Kesehatan Pranikah).

Bagi banyak manusia, pernikahan adalah salah satu peristiwa yang istimewa dalam kehidupan. Jadi, tidak mengherankan bila banyak orang yang mempersiapkan acara pernikahan jauh-jauh hari demi mewujudkan kesempurnaan saat disahkannya hubungan cinta mereka. Nah biasanya untuk persiapan hari besar tersebut itu, pasangan dan keluarga menyediakan waktu dan dananya pada pemilihan dan pembiayaan gaun pengantin, rambut dan riasan, dekorasi, undangan, tempat, dan tujuan bulan madu. Namun, ada satu hal yang sering terabaikan – tetapi sangat penting, yaitu Pemeriksaan Kesehatan Pranikah.

Apa sich yang dimaksud dengan Pemeriksaan Kesehatan Pranikah ?

Pemeriksaan Kesehatan Pranikah adalah suatu rangkaian pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sebelum menikah untuk membantu pasangan menjalani kehidupan pernikahan yang sehat, yaitu sehat secara fisik, pikir dan emosi. sehingga ketika kebahagiaan datang, pasangan bisa mensyukurinya dan ketika kesusahan datang pasanganpun bisa saling mendiskusikan dan mencarikan solusi yang baik untuk keduanya. Fisik yang sehat tentunya akan mempengaruhi kemampuan pikiran dan emosi kita untuk menjadi lebih sehat dalam berpikir positif melihat masalah dan menemukan solusinya, termasuk dalam merencanakan masa depan. Demikian pula sebaliknya, pikir dan emosi sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan fisik kita.

Saat ini mulai banyak pasangan-pasangan yang tertarik tentang dan bahkan melakukan Pemeriksaan Kesehatan Pranikah, namun biasanya masih sering terfokus pada pemeriksaan laboratorium saja dan hanya untuk kebutuhan bisa atau tidaknya mempunyai anak yang sehat.

Semoga artikel ini membantu sahabat dan pasangan dapat menilai tentang kebutuhan akan Pemeriksaan Kesehatan Pranikah secara lebih menyeluruh yaitu fisik, pikir dan emosi, dan tidak hanya tertuju pada pemeriksaan laboratorium.

Pemeriksaan kesehatan menyeluruh sebelum menikah itu penting !

Karena untuk dapat menjalani kehidupan pernikahan yang sehat, pasangan memerlukan bekal kemampuan bagaimana untuk dapat saling menjaga merawat kesehatannya secara menyeluruh; artinya tidak hanya fisik saja, tetapi juga pikir dan emosi, isu seksualitas, keuangan, termasuk mengenali bentuk relasi yang sahabat miliki bersama pasangan, dan relasi antara dua keluarga baru yang nantinya akan bertemu dan menjadi satu keluarga yang bertumbuh bersama.

Hal penting apa saja yang dibutuhkan pasangan yang dalam proses Pemeriksaan Kesehatan Pranikah?

1. Pemandu Ahli

Pemandu Ahli adalah seorang tenaga kesehatan; konselor, psikolog, psikiater dan/atau dokter yang terlatih memandu kebutuhan pasangan terkait pemeriksaan kesehatan pranikah, termasuk topik terkait seksualitas, sehingga pasangan dapat mengambil keputusan yang tepat, sesuai dengan situasi pasangan. Karena setiap pasangan mempunyai keunikannya masing-masing dalam bentuk relasi mereka, risiko kesehatan, maupun kemampuan pasangan secara ekonomi.

Pemahaman yang baik tentang seksualitas penting dimiliki oleh Pemandu Ahli, karena seksualitas merupakan topik yang belum biasa didiskusikan secara terbuka, padahal setiap umat mempunyai pemahaman image tentang seksualitas yang beragam. Beberapa penelitian menyebutkan selain isu keuangan, seks merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam perceraian.

Pemandu Ahli inilah yang akan membantu pasangan menilai risiko kesehatan mereka, pemilihan pemeriksaan laboratorium apa saja yang dibutuhkan, kapan bisa dilakukan dan bagaimana kemudian membantu pasangan dalam mengelola hasil yang didapat dari proses Pemeriksaan Kesehatan Pra-nikah, termasuk rencana tindak lanjutnya.

2. Kesiapan pasangan
  • Hendaknya pasangan sama-sama merasakan membutuhkan pentingnya pemeriksaan kesehatan pranikah ini untuk hidup mereka masing-masing.
  • Keterbukaan akan situasi kesehatannya termasuk faktor risiko yang mungkin sensitif untuk dibicarakan seperti; riwayat kontak seksual.
  • Kesiapan pasangan terkait akan penerimaan hasil. Artinya sebelum melakukan pemeriksaan laboratorium, pasangan sudah saling sepakat tentang konsekuensi dari hasil laboratoium nantinya, yang baik atau hasil yang mungkin tidak diharapkan.
  • Akan sangat bermanfaat bila pasangan masing-masing membuat Daftar Tilik Pertanyaan Asesmen Diri Kesehatan. Daftar Tilik, akan membantu pasangan menilai keinginan dan kebutuhan yang penting menurut masing-masing, yang kemudian bisa saja lebih dulu didiskusikan diantara pasangan, yang kemudian beberapa topik yang tidak terjawab dapat didiskusikan kemudian dalam proses konsultasi Pemeriksaan Kesehatan Pranikah bersama psikolog atau dan dokter.
Perihal penting yang dinilai dalam proses Pemeriksaan Kesehatan Pranikah. Nilai-nilai, Relasi dan Komunikasi/Berekspresi

ini dilakukan melalui konsultasi dengan konselor, psikolog, psikiater yang terlatih dibidang relasi. Untuk konsultasi pranikah, sangat penting konselor, psikolog, psikiater, atau dokter tersebut memahami isu tentang seksualitas. Selain itu, untuk kepentingan kesuksesan terapi Anda/pasangan, penting konselor, psikolog atau psikiater mengetahui kapan, kemana dan kesiapa harus merujuk anda ke tenaga ahli lainnya yang berkompenten di bidangnya demi kepentingan Anda dan pasangan.

Menilai kemungkinan risiko penyakit yang dapat diturunkan, ditularkan dan isu infertilitas.

ini dilakukan melalui konsultasi dengan dokter umum atau dokter spesialis yang terlatih dan punya waktu untuk menggali informasi dan berdiskusi tentang pilihan pemeriksaan, termasuk hasil pemeriksaan dan merujuk pasangan ke tenaga ahli yang berkompeten. Konsultasi isu seksualitas dan infertilitas penting akan ditanyakan dan didiskusikan, bila pasangan tidak merasa nyaman mendiskusikan maka pasangan berhak untuk tidak melanjutkan, dan pasangan mengerti konsekuensi dari keputusan tersebut..

Melakukan pemeriksaan laboratorium sesuai kebutuhan pasangan dan mendiskusikan hasil pemeriksaan laboratorium tersebut.

Ini dilakukan setelah melalui konsultasi dengan dokter umum atau dokter spesialis yang terlatih. Artinya pilihan pemeriksaan laboratorium sudah diterangkan terlebih dahulu dan sudah disetujui oleh pasangan sesuai kebutuhan mereka, dan pasangan mengerti manfaatnya. Kemudian dokter akan mendiskusi arti dari hasil laboratorium tersebut dan pengobatan yang akan diberikan, termasuk pilihan rencana tindak lanjutnya bila diperlukan..

Pemeriksaan laboratorium apa saja yang diperlukan untuk Pemeriksaan Kesehatan Pranikah?

Kembali mengingatkan bahwa setiap pemeriksaan laboratorium yang akan dilakukan harus ada analisa kebutuhan dan kemampuan. Pemeriksaan laboratorium adalah salah satu pemeriksaan penunjang diagnostik dalam bidang kesehatan. Pemeriksaan penunjang bisa juga termasuk pemeriksa USG, mammogram, Chest X Ray dsbnya.

Pemeriksaan laboratorium dilakukan untuk membantu menunjang menilai lebih baik lagi tiga kemungkinan penyakit/kelainan yaitu: 1) yang diturunkan, 2) yang ditularkan, dan 3) yang berhubungan dengan kesuburan

Berikut pemeriksaan laboratorium yang minimum biasa disarankan atau dilakukan, yaitu:

  • Tes darah rutin
  • Golongan darah dan faktor Rhesus
  • Tes Urin lengkap, untuk memantau fungsi ginjal dan penyakit lain yang berhubungan dengan ginjal dan saluran kemih
  • Gula darah, untuk memantau kemungkinan risiko diabetes mellitus
  • Tes Hepatitis Virus B; Antigen dan Antibodi
  • Tes TORCH untuk infeksi yang disebabkan oleh parasit Toksoplasmosis, virus Rubella, Virus Cytomegalo (CMV), virus Herpes. Pemeriksaan laboratorium ini dilakukan demi kesehatan ibu dan janin selama kehamilan dan persalinan, sehingga dapat meminimalkan resiko keguguran, bayi prematur, dan kecacatan
  • Pemeriksaan sifilis, HIV, hepatitis C dan penyakit infeksi menular seksual lainnya seperti klamidia dan gonore, disarankan pada pasangan yang mempunyai riwayat kontak seksual sebelumnya.
  • Terkait kesuburan, pemeriksaan sperma analisa adalah salah satu pemeriksaan yang penting yang disarankan. Karena pemeriksaan ini sederhana, murah, tidak menyakitkan dan bermanfaat untuk menilai kesuburan pasangan. Selain itu kecenderungan saat ini pemeriksaan kesuburan terfokus pada perempuan dan terlupakan peran penting pria dalam keberhasilan kesuburan pasangan.

Sahabat bisa download Daftar Tilik Asesmen Diri Status Kesehatan-Angsamerah untuk melakukan pengisian awal dan dapat diserahkan ke dokter sebelum memulai pemeriksaan awal. Apakah semuanya harus dilakukan bersama-sama?

Tidak perlu semua dilakukan secara bersama-sama. Apalagi bila kemudian sahabat dan pasangan bisa menemukan Pemandu Ahli yang disebutkan di atas, maka sahabat dan pasangan akan sangat terbantukan dalam menilai dan menentukan prioritas kebutuhan – penting atau tidaknya. Kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan pra-nikah?

Pemeriksaan kesehatan pranikah dapat dilakukan kapan saja; Namun, waktu yang lebih baik adalah minimum enam bulan sebelum pernikahan. Ini terkait dari tindak lanjut setelah hasil pemeriksaan.

Next ?

Its all on your hand to learn and decide. My best wishes for your future. Enjoy every moment of your love life.

Artikel lainya dapat di lihat di blog angsamerah.com

Comments