Intisari-Online.com – Menurut studi terbaru dari Taiwan, terdapat olahraga yang dapat memperpanjang umur kita selama tiga tahun. Melakukan olahraganya pun tak membutuhkan waktu lama, cukup 15 menit saja tiap harinya. Penasaran? Berikut penjelasannya :

1. Lompat tali

Pernakah Anda bertanya-tanya mengapa petinju memiliki bentuk tubuh yang besar dan berotot? Selidik punya selidik, lompat tali merupakan menu rutin olahraga mereka. Menurut Ruth Frechman, RD, penulisThe Food Is My Friend Diet, lompat tali sangat baik untuk jantung, lengan, dan bahu. Hanya dengan 15 menit lompat tali secara terus menerus atau interval singkat,  bisa membakar 167 kalori tubuh

2. Bersepeda gunung

Hanya dengan 15 menit bersepeda, dapat membakar 150 kalori. Apalagi kalau medannya lebih menantang, seperti perbukitan atau gunung. Potensi tubuh membakar banyak kalori pun akan semakin besar.

3. Tenis

Untuk berolahraga tenis, kita tidak membutuhkan pertandingan maraton bak atlet profesional. Cukup 15 bermain tenis ganda, 100 lebih kalori pun dapat terbakar. Menurut Jim White, RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios di Virginia Beach, Virginia, bermain ganda akan meningkatan intensitas dan lebih kompetitif. Alhasil, kalori yang dibakar akan lebih banyak daripada bermain tunggal.

4. Memukul kantong tinju

Memukul samsak atau kantong tinju amat baik untuk bisep, trisep, bahu, dan tubuh bagian atas. Dengan memukul-mukul kantong itu selama 15 menit, kita bisa mebakar 100 kalori tubuh.

5. Renang

Renang dikenal baik untuk kesehatan paru-paru. Cobalah berenang dengan lambat dan santai selama 15 menit. Menurut Keri Gans, RD, penulis The Small Change Diet, renang yang dilakukan di laut atau melawan ombak, dapat membakar kalori lebih banyak.

6.Kayak

Olahraga air ini bermanfaat bagi  lengan, punggung, dan bahu. Cobalah lakukan olahraga ini di danau lokal sekitar kita. Tak perlu beralam-lama, cukup 15 menit saja untuk membakar 100 kalori. Nah, hasilnya akan lebih baik bila kita melakukannya dengan cara melawan arus.

Sumber : intisari-online.com