Usus buntu adalah salah satu bagian usus yang ujungnya memang buntu. Usus buntu terletak di perut sebelah kanan bawah. Penyakit usus buntu terjadi karena peradangan yang mengakibatkan pembengkakan pada bagian usus tersebut dalam istilah medisnya sering disebut apendisitis. Biasanya di dalam usus tersebut akan terdapat nanah yang berisi bakteri jahat dan sel-sel mati. Usus buntu bisa berakibat vatal apabila tidak segera di atasi, usus akan mengalami pembekakan lama-kelamaan akan pecah dan infeksi yang berada dalam usus buntu tersebut akan menyebar ke dalam rongga perut. 

Apabila penyakit usus buntu sudah semakin parah, maka yang harus dilakukan adalah operasi pengambilan usus buntu, Hal ini harus dilakukan sebelum usus semakin membengkak dan pecah.

Penyakit usus buntu bisa di derita oleh siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa. Penyakit ini hasus di waspadai dan segera ditangani.

Bagi siapa saja yang menderita penyakit usus buntu maka akan merasakan sakit yang sangat luar biasa pada bagian perut, sakit yang dirasakan oleh penderita usus buntu ini akan terasa di bagian perut kanan bawah.

Untuk mengetahui apakah anda menderita penyakit usus buntu atau tidak, maka harus diperiksa terlebih dahulu oleh dokter. Tetapi ada beberapa gejala yang bisa terlihat jika seseorang menderita usus buntu dan ciri-cirinya sebagai berikut.

Gejala-gejala yang terlihat apabila seseorang terkena sakit usus buntu adalah sakit perut. Sakit perut merupakan gejala yang sering terjadi bila seseorang menderita penyakit usus buntu. Sakit perut akan terasa di bagian pusar dan perut bawah bagian kanan, sakit ini sering terasa apabila saat berjalan, batuk, bersin, dan terkena guncangan-guncangan saat naik kendaraan.

Sakit ini kadang hilang secara tiba-tiba kemudian sakitnya pindah ke bagian bawah pusar sebelah kanan, dan disitulah letak usus buntu berada. Di bagian inilah sakit akan semakin parah.

Biasanya orang yang sakit usus buntu akan merasa demam dan suhu badannya panas disertai perut terasa sangat sakit di bagian kanan bawah. Hal ini akan sangat menyiksa para penderitanya.

Biasanya usus buntu menyebabkan sembelit tetapi kadang bisa juga mengalami diare dan di sertai lendir pada saat buang air besar. Apabila hal ini sudah terjadi maka harus segera periksa ke dokter.

Tak bisa dipungkiri lagi penyakit usus buntu adalah benyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang, karena banyak yang mengalami penyakit usus buntu dan solusi terakhir harus di operasi untuk mencegah pecahnya pada bagian usus buntu tersebut, Tanpa disadari kadang orang sudah menderita penyakit usus buntu, maka dari itu mari kita jaga kesehatan kita dengan olahraga yang teratur dan mengonsumsi makanan yang sehat.